Penyebab dan Cara Mengatasi Akun Facebook Tiba-tiba Hilang

Saat ini pihak facebook sedang gencar-gencarnya mengadakan pembasmian dan razia terhadap akun-akun, baik itu pengguna lama maupun pengguna baru.

Ada sistem yang telah diterapkan oleh pihak facebook bagi pengguna yang telah melanggar ketentuan dan kebijakan facebook.

Dari sistem itu ada yang manual yang telah dibantu juga dengan robot. Maka tak heran akan banyak pertanyaan dari orang-orang, “kenapa akun facebook tiba-tiba hilang?”

Ada beberapa penyebab yang harus diketahui kenapa hal ini bisa terjadi. Dan ada caranya yang bisa dilakukan jika sudah mengetahui penyebabnya.

Berikut penyebab akun fb tiba-tiba hilang:

Terlalu banyak add teman

Saat ini untuk add teman ada batasnya. Mengapa begitu? karena ada orang-orang yang memanfaatkan add teman yang banyak agar nantinya akun fb tersebut dijual, dijadikan spam, dan dijadikan tempat jual beli.

Bahkan ada juga yang memanfaatkan jika sudah banyak teman maka bisa menipu teman-teman yang sudah di add.

Solusinya

Main aman saja untuk add teman, 1 hari 10x. Dan jika ada banyak yang add kita, konfrim maximal 10 per hari.

Jika memang ingin add teman dari 10 kali alangkah lebih baik di save terlebih dahulu profil teman yang ingin di add untuk di add di hari berikutnya.

Terlalu banyak like status

Ternyata terlalu banyak like status juga dapat membuat akun fb tiba-tiba hilang, apalagi jika akun facebook tersebut baru dibuat.

Banyak orang yang memnfatkan hal ini untuk memperjual belikan like status, jadi untuk menghindri kerusakan ekosistem facebook diberlakukan pembatasn like status.

Selain like status, terlalu sering memberikan react status juga dapat menyebabkan akun facebook tiba-tiba hilang.

Solusi

Gunakan dengan bijak like dan reactnya pada status yang menghibur dan mengedukasi saja. jangan asal like dan react status yang tidak bermanfaat.

Sangat sulit untuk main aman untuk berapa batasnya maximal untuk like dan react status orang. Namun yang pasti 10 kali masih aman dari pengalaman saya.

JIka memang ingin like banyak sttatus alangkah lebih baik untuk menyimpan status tersebut lalu di like pada hari berikutnya saja.

Terlalu banyak mengikuti grup

Terlalu banyak mengikuti grup juga dapat membut akun fb tiba-tiba hilang. Hal ini karena banyak yang memanfaatkan untuk spam ke grup grup.

Bahkan ada yang terang-terangan menipu dengan memborbardir share link yang di dalam nya terdapat virus malware, dan pengisian email dan password untuk mendapat hadiah, padahal itu phising.

Solusinya

Ikuti grup yang dirasa bermanfaat dan menghibur saja, jika memang ada banyak grup yang pengen diikuti alangkah lebih baik untuk disimpan dan join pada hari berikutnya

Upload foto ketelanjangan

Upload foto yang mengandung ketelanjangan juga menjadi salah satu penyebabnya. Sayangnya untuk batas ketelanjangan di facebook sampai saat ini masih abu-abu.

Di Indonesia dengan luar negri batas ketelanjangannya berbeda jadi berhati-hati ketika upload foto yang dirasa lebih dari batas ketelanjangan.

Sebab kasus yang satu ini bukan karena pihak facebook yang melakukannya, melainkan karena banyak orang yang mereport foto kita.

Setelah di report nantinya akan di cek facebook, semakin banyak yang report maka semakin luas peluangnya akun facebook dikunci dan hilang secara tiba-tiba.

Solusinya

Ketahui batas ketelanjangan di Indonesia bagi masyarakat, contohny saja perempuan celana pendek. Di sini sudah dianggap telanjang.

Maka dari itu berhati-hatilah.

Komentar dan update status bikin ricuh

Facebook tidak sebebas dengan platfom lainnya yang dimana kita bisa bikin ricuh dan rusuh. Di facebook sendiri sudah ada aturannya dan biasanya kasus ini juga karena orang-orang yang report komentar atau status anda.

Solusinya

Jangan bikin ribut, walaupun itu becanda karena bisa saja orang yang diribuktna mereport akun kita, bahkan yang lebih parah jika dia membawa pasukannya agar akun kita hangus.

Menggunakan nama palsu

Jika memakai akun facebook menggunakana nama palsu maka bersiap-siaplah untuk dibasmi jika ada razia.

Kenapa orang-orang sukses membuatnya?

Mereka hanya tinggal waktu saja untuk kena razia, karena saya sendiri yang sudah pernah mengalaminya.

Sudah bertahun-tahun tidak kenak tiba-tiba pas masuk lagi sudah hilang akunnya.

Solusinya

Jika memang masih kekeh menggunakan nama palsu alangkah baiknya jangan bikin ribut, jangan upload foto ketelanjangan, dan jangan melanggar yang sudah disebutkan di atas.

Gunakan nama palsu yang dalam batas wajar, jangan gunakan nama palsu dnegan memakai karakter suatu tokoh, nama artis, nama hewan, dan nama yang bukan nama, contohnya saja menggunakan nama “aku cinta kamu”.

Mengirim pesan ke banyak orang terlalu banyak

Mengirim pesan ke banyak orang juga dianggap oleh facebook adalah spam. Hal ini akan merusak ekosistem facebook.

Sebab, dahulu mengirim pesan ke banyak orang sudah dilakukan oleh para spammer yang dimana isi pesan tersebut adalah penipuan, mengggangu pribadi, dsb

Solusinya

Maka dari itu jika memang ingin mengirim pesan ke banyak orang maka bilang ke mereka akan dibalas secara bertahap. Balaslah minimal 10 orang per hari.

Catatan

Mengirim ke satu orang dengan pesan yang terlalu banyak juga bisa dianggap spam. Pastikan ketika ingin mengirim banyak pesan ke satu orang harus unik kalimatnya, jangan sama terus menerus.

Contohnya saja ingin mengirim pesan dengan “ping saja”, itu dapat membahayan akun facebook.

Upload video yang copyright

Saya pernah mengalami ketika sudah upload video beberapa bulan kemudian video tersebut terkan copyright, akibat daripada itu facebook telah menghapus akun saya.

Solusinya

Pastikan sebelum upload video, fokusnya adalah pada musiik/bgm. Sebab facebook sangat ketat sekali baru-baru ini mengenai masalah copyright.

Itu adalah beberapa penyebab yang harus diketahui, jadi jika tiba-tiba hilang kemungkinan akun terkena razia.

Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Sebenarnya cuma ada satu cara yang bisa diterapkan jika memang akun facebook tiba-tiba hilang. Namun ada persiapannya jika memang ingin menerapkaannya, berikut untuk pesiapannya:

  • Siapkan identitas KTP/SIM/Passport
  • email.
  • nomor hp

Berikut cara mengatasi akun facebook tiba-tiba hilang:

Tingkat keberhasilan ini juga tidak benar-benar 100% namun alangkah baiknya untuk dicoba daripada hanya berdiam diri saja.

Tingkat keberhasilan akan besar jika akun facebook telah sesuai dengan identitas asli KTP/SIM/Passport.

Tingkat keberhasilan juga akan makin besar jika akun facebooknya memiliki foto profil asli, bukan karakter anime atau apapun itu yang tidak menampakan diri.

Nanti jika berhasil akan dikirimkan sebuah link ke dalam email yang telah tertaut di facebook. Akan ada perintah untuk mengaktifkannya kembali.

Kemudian jelaskan kenapa akun tiba-tiba hilang, disertai juga dengan bukti screenshot.

Setelah mengirim bukti-bukti dengan disertai kartu identitas maka tinggal tunggu saja karena akan memakan lama.

Apalagi jika pada masa pandemic seperti ini.

You May Also Like

About the Author: kabom

Biasa dipanggil Kabom. Pengamat media sosial. Bekerja menjadi seorang marketing online khususnya marketing media sosial. Semoga tulisan di sini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *