Media Sosial Populer di Indonesia

Apa itu sosmed? Sosmed merupakan kepanjangan dari media sosial. Yang mana merupakan media yang berguna sebagai komunikasi jarak jauh, interaksi, dan tentu saja pusat informasi.

Lebih tepatnya semacam forum daring yang memiliki jangkauan luas. Pengguna bisa melakukan interaksi antar satu pengguna dengan pengguna lain yang punya media sosial. Selain itu, media sosial juga kerap kali menjadi salah satu sumber informasi di lingkungan yang relefan denga user.

Penggunaan media sosial ini memerlukan jaringan internet agar dapat terakses dengan lancar. Jika ingin terhubung dengan banyak orang maka bisa memanfaatkan sosial media (Sosmed).

Nantinya pengguna bisa membuat forum diskusi atau bahkan aktivitas lainnya yang bisa menghasilkan uang. Apakah bisa media sosial untuk promosi? Bisa, asalkan pengelolaan pengguna bisa tepat dan pas.

Ciri-Ciri Media Sosial

Banyak orang tentunya sudah tahu apa itu media sosial. Namun, sebagian besar dari mereka melupakan istilah penting yang bisa jadi salah kaprah.

Ada dua istilah penyebutan yaitu media sosial dan sosial media. Lantas manakah yang benar? Media sosial atau sosial media? Jawabannya adalah tergantung dengan konteks penggunaan ejaan.

Menurut kaidah bahasa Indonesia penulisan yang benar adalah media sosial. Namun sosial media juga akan menjadi benar jika penulisan dan pengucapan menggunakan bahasa Inggris.

Social media, begitu dalam bahasa Inggrisnya. Pasalnya, ejaan dalam bahasa Inggris ini seringkali berbeda dengan ejaan bahasa Indonesia. Sebenarnya boleh-boleh saja dan bebas mengucap apapun.

Namun, sebisa mungkin jangan sampai hal sederhana itu merusak kaidah bahasa milik kita sendiri. Kami akan menambahkan beberapa informasi terkait ciri-ciri media sosial sebagai berikut.

1. User Based

Sebagaimana yang orang tahu bahwa media sosial merupakan media dalam jaringan (daring) yang pembuatannya diperuntukkan bagi user. Tanpa adanya pengguna, media sosial ini hanya sebatas ruang kosong semata.

2. Interaktif

Media sosial bukan sebatas kumpulan chat room saja, melainkan juga memiliki banyak fitur lain. Fitur-fitur tersebutlah yang membuat sosial media menjadi semakin multifungsional dan interaktif.

Melalui media sosial orang bisa melakukan interaksi antar pengguna satu dengan yang lainnya. Bahkan pengguna yang belum mereka kenal sebelumnya di dunia nyata. Jadi sifat media sosial itu interaktif sekali.

3. Komunitas

Platform media sosial yang bisa orang gunakan ada banyak. Konsep pengembangan media sosial ini menggunakan konsep komunitas.

Nantinya user akan menemukan user lain yang tentunya sehobi dan mereka yang memiliki persamaan. Kebanyakan interaksi terjadi karena hal demikian.

4. Menghubungkan Antar Manusia

Tidak hanya sebatas untuk menghubungkan komunikasi saja. Melainkan juga bisa juga menemukan teman lama yang sudah hilang kontak. Atau bahkan orang baru untuk menambah jangkauan pertemanan.

5. Terdapat Konten Tidak Terbatas

Aplikasi media sosial memiliki konten yang banyak dan tidak terbatas. Pasalnya tidak ada pedoman untuk konten yang boleh dipublish atau tidak. Namun setiap media sosial memiliki lembaga sensor yang akan bekerja secara langsung.

Itulah kenapa setiap berita dan postingan yang tayang di media sosial harus benar-benar orang saring. Sehingga tidak termakan hoax atau berita palsu.

6. Membangun Profil Seseorang

Aplikasi media sosial memiliki fungsi yang banyak. Salah satunya fungsi media sosial untuk branding dengan membangun profil seseorang/pengguna.

Menariknya proses branding dengan membangun profil seseorang lewat media sosial itu murah. Serta cukup mengandalkan kemauan dan konsistensi untuk membangun profil pengguna.

Tujuan Media Sosial

Seperti informasi sebelumnya terkait definisi dan ciri-cirinya, berikut beberapa tujuan adanya medsos.

Salah satu yang menjadi tujuan utama dari medsos adalah sebagai media untuk berkomunikasi bagi masyarakat.

1. Sarana Aktualisasi Diri

Sebagian masyarakat menjadikan media sosial sebagai sarana untuk mengaktualisasi diri. Yakni dengan menunjukkan keunikan dan keahlian diri ke banyak orang.

Menariknya layanan media sosial ini terbilang gratis alias tidak berbayar. Sehingga terjangkau untuk membangun personal branding seseorang. Tidak heran berkat media sosial banyak orang baru yang juga terkenal karena media sosial.

2. Membentuk Komunitas

Masyarakat tidak lagi sulit menemukan komunitas yang sama atau sehobi dengannya. Pasalnya web atau komunitas online bisa orang temui melalui media sosial dengan mudah.

Misalnya komunitas bisnis, olahraga, atau hobi lain kesukaan. Media sosial sebagai wadah komunitas online ini untuk bertukar pendapat dan sebagainya.

3. Media Pemasaran

Banyaknya masyarakat yang menggunakan medsos, bisa menjadi salah satu marketing yang tepat. Bahkan sebagian media sosial memiliki fitur marketplace untuk mewadahi transaksi jual-beli.

Bahkan media pemasaran yang paling ampuh adalah melalui media sosial. Hampir 90% akan terlihat oleh seluruh pengguna medsos. Dan ini adalah jangkauan pasar yang bagus.

Itulah beberapa tujuan dan manfaat adanya media sosial bagi masyarakat. Perlu orang ketahui bahwa jenis-jenis media sosial sendiri ada banyak. Seperti social network, komunitas online, situs blog, social bookmark, dan lain sebagainya.

Daftar Media Sosial yang Populer di Indonesia

Contoh media sosial jenis social network ada banyak. Beberapa dari contohnya adalah seperti Twitter, Instagram, Facebook, TikTok, dan sebagainya. Jenis social network inilah yang paling banyak orang gunakan.

Lantas, apakah Google termasuk media sosial? Jawabanya adalah iya. Google membuat layanan Google+ yang mana telah mengintegrasikan berbagai akun Google di dalamnya.

Seperti Gmail, Hangouts, Google Drive dan sebagainya. Meskipun platform ini tak sepopuler media sosial lainnya.

1. Twitter

Fiturnya:

  • Aplikasi jejaring sosial yang menjadi sumber informasi paling update dari berbagai peristiwa di dunia;
  • Membuka obrolan pribadi maupun percakapan dengan orang-orang yang mengikuti;
  • Tagar dan tren menjadi bagian terpenting untuk perkembangan berita terupdate.

Twitter memungkinkan pengguna memperoleh informasi terupdate di dunia. Pengguna bisa mencari berbagai berita trending yang sesuai dengan saya minatnya. Twitter menjadi sumber berita bagi penggunanya.

Selain Twitter, apakah Whatsapp termasuk media sosial? Jawabannya adalah iya. Kenapa? Seperti informasi sebelumnya, bahwa salah satu jenis media sosial yakni social network. Whatsapp sendiri menjadi bagian penting dari media sosial.

2. Instagram

Fiturnya:

  • Memiliki fitur untuk menambahkan berbagai foto dan video kreatif ke dalam cerita maupun feed;
  • Menghantarkan pesan kepada sesama pengguna melalui Direct Message;
  • Bisa untuk menemukan produk atau perniagaan kecil yang berkaitan dengan gaya hidup.

Platform ini memiliki berbagai jenis fitur untuk membagikan momen melalui foto maupun video. Cocok juga untuk pengguna yang ingin membangun bisnis. Yakni dengan memasang foto produk yang menarik lewat Instagram.

3. Facebook

Fiturnya:

  • Memainkan permainan dan memakai aplikasi favorit;
  • Marketplace untuk jual-beli dengan mudah;
  • Berbagi pembaruan dengan teman melalui grup, status, foto, maupun video.

Aplikasi Facebook sudah sejak lama rilis, penggunanya juga dari berbagai kalangan. Cocok untuk orang tua, remaja, anak-anak asalkan cara penggunaan tepat dan cermat.

4. TikTok

Fiturnya:

  1. Fitur unggah video dengan kualitas sempurna;
  2. Melakukan penyempurnaan editing video untuk keunggulan produk supaya lebih menarik;

TikTok merupakan aplikasi sosial video yang berdurasi pendek dan berpadu dengan musik. Aplikasi TikTok memang terarah untuk para generasi kekinian.

Lantas, apakah Zoom termasuk media sosial? Zoom merupakan bagian dari media sosial. Kinerja Zoom adalah sebagai platform yang menghubungkan satu sama lain pengguna.

Prosesnya adalah melalui virtual meeting dengan menggunakan room tertutup. Jadi hanya pengguna tertentu saja yang bisa masuk ke dalam room tersebut.

Demikianlah beberapa informasi penting terkait media sosial. Yang mana fungsinya cukup banyak bisa untuk pelajar, pekerja, pebisnis. Pastikan cermat memanfaatkan sosial media.

Give a Comment